Creativity and Innovation

Creative Reasons and Pixar:)

Every child is an artist, the problem is staying an artist when you grow up — Pablo Picasso

Kata-kata mutiara dari sang maestro tersebut mengatakan bahwa setiap manusia yang dilahirkan dalam dunia ini sudah memiliki bakat sebagai manusia yang kreatif, hal ini dikarenakan sifat manusia yang terus belajar mengenai hal-hal yang benar-benar baru baginya dan menyelesaikan suatu masalah dengan caranya sendiri. Seorang balita yang tidak mengetahui gambar asli dari sepotong puzzle dapat dengan cepat merangkainya menjadi bentuk yang utuh.  Tetapi pertanyaannya disini adalah, maukah kita mengembangkan bakat alamiah kita tersebut? mengapa kita harus terus berpikir kreatif? dan jawabanku tentu saja adalah karena kreatif itu..

“Fun!:)”

Kreatif  menyangkut sesuatu yang kompetitif, kreasi baru, ide baru yang variatif, dan menyenangkan🙂 Dalam mennyelesaikan suatu masalah, manusia memerlukan adanya ide-ide yang kreatif untuk membuatnya menjadi lebih mudah dan mencari pemecahannya. Dalam hypercompetitive work era ini, dimana persaingan baik lokal maupun global menjadi semakin kuat, para pebisnis harus selalu kreatif dalam menghasilkan ide-ide untuk membuat atau memperbaiki produk mereka agar tetap unggul dengan cara yang unik dan mereka sukai. Orang kreatif tidak pernah menyerah, untuk mencari suatu solusi alternatif.

Sekarang pertanyaan berikutnya adalah Siapa orang yang paling kreatif didunia?, dan tanpa pikir panjang, orang yang pertama kali terlintas di pikiran saya adalah Ed Catmull yang sekaligus menjawab pertanyaan ke dua mengenai -apa perusahaan terkereatif didunia-, yaitu perusahaan yang didirikannya sendiri , Pixar:)


If you give a good idea to a mediocre group, they’ll screw it up. If you give a mediocre idea to a good group, they’ll fix it. Or they’ll throw it away and come up with something else.

We think of ‘an idea’ – for movies, for products. It’s usually thought of as some singular thing. But the reality of these successful movies – as with all successful products – that they have got thousands of ideas. It’s all sorts of things necessary to make the film successful. And you have to get most of them right to be successful. That is why you need a team that works well together. — Ed Catmull

Orang yang kreatif akan menghasilkan sesuatu yang hebat, begitu halnya dengan Ed Catmull, CEO Pixar yang sudah bermimpi untuk membuat film-film computer animasi diusianya yang baru menginjak 20 tahun, dan sama sekali tidak memiliki kemampuan menggambar.

Ed catmull, mengajarkan bahwa film-film luar biasa yang dihasilkan oleh Pixar adalah hasil suatu proses yang dipacu oleh setiap orang di studio animasi. Pixar menyadari untuk mengembangkan suatu produk tidak hanya dibutuhkan satu keahlian saja melainkan dari keahlian yang berbeda-beda. Kolaborasi antara berbagai keahlian itulah yang bekerja secara efektif dan efisien untuk membuat suatu film yang hebat dan berkualitas.


Orang-orang yang bekerja dalam Pixar adalah inti dari kreativitas itu sendiri. Film berasal dari jutaan ide yang berbeda-beda dari setiap orang yang terlibat didalamnya. Sebagai seorang CEO, Ed terus memacu timnya untuk bekerja bersama-sama dan saling melengkapi untuk mewujudkan impian perusahaan.

Pixar memiliki bagian Litbang yang bertugas membuat tim inkubasi ide. Tim tersebut menolong seorang direktor film animasi memperbaiki idenya. Sehingga dihasilkan ide yang meyakinkan dan potensial untuk menjadi suatu film yang hebat. Tim tersebut terdiri dari seorang direktor, seorang penulis, beberapa seniman, dan beberapa orang storyboard. Tim ini harus selalu dinamis secara social, membuat kemajuan, dan menyelesaikan masalah.

Karena sudah memahami akan kondisi bisnis kreatif yaitu bisnis dimana pelanggan ingin melihat sesuatu yang baru pada setiap saat, Ed harus meletakkan dirinya pada resiko yang besar dan mendorong timnya agar memiliki kapabilitas untuk bangkit kembali ketika resiko besar diambil namun gagal. Tantangan baginya adalah bagaimana membuat lingkungan agar orang-orang hebat tersebut dapat bekerja sama dengan efektif. Sangatlah penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung manusia-manusia hebat dan mendorong mereka untuk mendukung satu sama lain untuk karya yang jauh lebih hebat. Inilah hal yang membedakan Pixar degan Studio lainnya, bagaimana tiap orang di tiap level saling mendukung satu sama lain. Mereka semua merasa satu untuk semua, semua untuk satu. (fahmimachda.wordpress)

Untuk menjaga jiwa kreatif, Pixar memiliki dua standar kualitas. Setiap produksi pixar haruslah benar-benar berkualitas tinggi dan unggul. Tim-tim film di studio ini rela bekerja pada performa yang luar biasa, karena tahu bahwa masa depan studio ini ada ditangan mereka. Dengan itu mereka menjadi tim-tim yang hebat. Jika sebuah ide yang baik diberikan pada tim yang berkecukupan, mereka akan merusaknya. Namun, Jika ide cukupan diberikan pada tim yang hebat, mereka akan membuat ide itu berhasil atau memperbaikinya dengan ide yang jauh lebih baik🙂

Advertisements

One thought on “Creative Reasons and Pixar:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s