Creativity and Innovation

Creating Creative Business by Ridwan Kamil (a lesson learned)


Ide hanya akan menjadi ide bagi orang yang tidak mau mengeksploitasi ide itu sendiri, bisnis ide tidak membutuhkan dana yang besar karena basisnya adalah ‘Imajinasi’ sang pemilik.

Dalam Occupancy Classification yang terdiri dari Creative Class, Working Class, Service Class, Agriculture dan lain-lain,  di Amerika lebih dari 30% masyarakatnya bekerja dalam Creative Class.

Salah satu masalah perekonomian di Indonesia adalah orang sangat susah untuk meminjamkan dana sebagai modal kepada pemilik sang ide kreatif.

The future will be led by right brainer – Daniel Pink

Krisis global saat ini mengakibatkan banyak perusahaan besar hancur karena kurang/tidak adanya inovasi yang mereka lakukan. 60% pasar Indonesia adalah pasar lokal, karena itu dampak dari krisis tersebut tidak cukup berpengaruh di negeri kita.

Era saat  ini dimiliki oleh ‘small innovative entrepeneur

Kebahagiaan dari seorang entrepreneur adalah dia melakukan semua yang dia sukai🙂

Orang yang terbiasa mengelola resiko hidupnya akan menjadi orang yang terus maju, sedangkan orang yang tidak mau mengelola hal tersebut tidak akan pergi kemana-mana.

To be a Creativepreneur : Innovative, Risk taker, Visionary, Strong Leadership, Problem Solver & Agent of Change.

How to start creative business:

1. Observe : Baca dunia, jalin networking sebanyak-banyaknya.

Kreativitas itu hanya bisa datang bila kita hobi berimajinasi

2. Select

Creative Economy : Advertising, Architecture, Craft, Design, Fashion, Music, Performing Art, Publishing, Television& Radio, Culinary, etc

Creative Product , Creative Service

3. Think Different

Innovation distinguish between a leader and the follower – Steve Jobs

Bila kita berpikir mungkin, itu pasti bisa, dia tidak bisa karena belum waktunya untuk bisa

Contoh : Garbage of New York City

Hanya kreatif yang bisa menjadikan masalah menjadi sebuah produk

4. Make a plan

5. Scalable

6. Design and Technology

Design excellence -> Better economy prospect

Ordinary Object -> Extra-ordinary object

7. Networking

Networking is everything

8. Innovative Marketing

The future belongs to creative entrepreneur!


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s