Creativity and Innovation

Kreatif adalah Indonesia:)

Dalam dunia yang luas ini, begitu banyak negara-negara yang dengan hebatnya, menciptakan berbagai jenis produk, jasa, perancangan sistem, dan sebagainya dengan begitu kreatif, seperti China dengan kebudayaannya, Jepang dengan tekonologinya dan Amerika dengan industrinya. Tetapi, karena definisi kreatif yang kudapat  dari anonim adalah seperti ini:

being Creative is working with Limitations and Breaking the Rules

Maka menurutku, negara yang paling tepat menyandangnya adalah negara kita sendiri yaitu Indonesia:)

Kenapa? karena dengan berbagai keterbatasannya (kecuali sumber daya alam) seperti SDM yang kurang memadai (masih banyak masyarakat yang tidak bisa mengenyam pendidikan), birokrasi yang tidak jelas dan rumit, lokasi yang kurang strategis (jauh dari negara-negara maju yang berdampak pada biaya ekspor impor), dan berbagai macam jenis masyarakat yang ada di negeri ini, Indonesia bisa menciptakan banyak produk kreatif dan memecahkan berbagai aturan dengan lihai yang dibuktikan oleh beberapa karya bangsa dibawah ini :

–Teknologi–

1. Arina-SMK

dirancang menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas mesin 150cc, 200cc dan 250cc. Konsumsi bensin hanya 1 liter untuk 40 km. Panjang 2,7 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,7 meter sehingga bisa masuk jalan dan gang yang sempit. Dinamakan Arina-SMK karena pembuatannya bekerja sama dengan Armada Indonesia (Arina) dengan siswa-siswa SMK.

2. KRI-Krait-827

Kapal perang ini merupakan hasil saling tukar ilmu antara TNI AL lewat fasharkan (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan) Mentigi dan PT Batan Expressindo Shipyard (BES), Tanjung Guncung. Dikerjakan selama 14 Bulan dan 100 % ditangani oleh putra-putri Indonesia. Berbahan baku aluminium, bertonase 190 DWT dengan jarak jelajah sekitar 2.500 Mil. Dilengkapi dengan radar dengan jangkauan 96 Nautical Mil (setara 160 Km) dengan system navigasi GMDSS area 3 dengan kecepatan terpasang 25 Knots.

3. ARTAV


Kakak beradik, Arival (13) dan Taufik Aditya Utama (15) asal Bojongsoang Kabupaten Bandung menemukan antivirus yang kemudian diberinama “Artav” (Arival Taufik Anti Virus). AntiVirut Artav sendiri ditemukan oleh kakak beradik itu sekitar April 2010 lalu, dan hingga saat ini sudah banyak digunak1.an oleh para pengguna komputer. Ia sendiri melakukan sosialisasi pertamanya kepada teman-temannya untuk memprotek program game. (Republika)

4. Apiq Quantum (hehehe)

APIQ adalah Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif. APIQ mengajarkan disiplin matematika secara utuh dengan cara kreatif, fun, dan meyenangkan. APIQ membantu siswa untuk melejitkan potensinya dengan pendekatan Quantum Quotient dan Quantum Learning. Agus Nggermanto (Paman Apiq) mendirikan APIQ  sejak tahun 2001. Penulis 3 buku Best Seller Quantum Quotient, SEPIA, dan APIQ (Inovasi pembelajaran Matematika Kreatif) ini memang menekuni beragam teori pembelajaran matematika dan berhitung menggunakan alat-alat. Ketekunan sarjana lulusan ITB itu membuahkan APIQ. (mr-bejo.com)

-Budaya

1. Tari Pendet


Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis. Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik (wiki)

2. Wayang

Wayang terkenal karena rumit, gaya musiknya yang kompleks, dan merupakan bentuk dari cerita kuno yang berasal dari pulau Jawa Indonesia. Selama berabad-abad sepuluh wayang berkembang di kerajaan Jawa dan Bali serta di daerah pedesaan. Wayang telah menyebar ke pulau-pulau lain (Lombok, Madura, Sumatera dan Kalimantan) di mana berbagai gaya dan iringan musik lokal telah berkembang.(Sosbud-Kompas)

3.  Batik

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). (Wiki)

Karya-karya tersebut hanya beberapa dari jutaan  produk buatan indonesia yang patut dibanggakan, seperti Panser Anoa, Pesawat N250, Robot Tempur, Peluru Kendali, berbagai kebudayaan, makanan dan banyak lainnya. Produk-produk tersebut dibuat melalui kerja keras dan hasil buah pikiran kreatif anak bangsa selama bertahun-tahun, meskipun dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada. Indonesia kreatif dengan caranya sendiri, dan itulah yang akan membuat bangsa ini menjadi terus maju dibandingkan dengan sebelumnya:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s